Sabtu, 06 November 2010

how to make our website

Panduan Membuat Website (Pendahuluan)

Kategori: Web Development
Diposting oleh admin pada Sabtu, 14 Agustus 2010
[1138 Dibaca] [27 Komentar]Post to TwitterPost to Facebook

Website atau biasa disebut juga dengan web saja, atau ada juga yang menyebutnya dengan situs atau situs web. Jika Anda belum mengerti tentang bagaimana membuat website, hal pertama yang harus Anda pahami adalah tentang HTML (HyperText Markup Language). HTML digunakan sebagai dasar pembuatan website.

Website menggunakan HTML untuk menyajikan dan menampilkan data kepada siapa saja yang mengunjungi website Anda. Untuk itu, kita menyimpan website kita dalam file-file dengan ekstensi *.html, misalnya: index.html, profil.html, dan bukutamu.html. Semua file-file html tersebut merupakan sumber daya yang dimiliki oleh sebuah website. Semakin banyak file-file html tersebut maka akan semakin banyak pula sumber daya yang dimilikinya, dan jika semakin banyak sumber daya itu maka akan semakin besar pula website Anda.

File-file html tersebut disimpan dalam direktori/folder utama sebuah website. Katakanlah sebuah website memiliki alamat yaitu http://www.unsri.ac.id. Maka struktur penyimpanan file-file html dalam website tersebut adalah sebagai berikut:
Website Direktori/
Folder File HTML Alamat Akses
www.unsri.ac.id / index.html www.unsri.ac.id/index.html
www.unsri.ac.id / profil.html www.unsri.ac.id/profil.html
www.unsri.ac.id / bukutamu.html www.unsri.ac.id/bukutamu.html

Direktori di atas yaitu tanda "/" (baca: "slash" ) adalah direktori utama sebuah website yang menandakan bahwa file-file HTML diletakkan dalam direktori utama.

Jika file-file html tersebut di simpan dalam subdirektori/subfolder sebuah website, maka struktur penyimpanan file-file html dalam website tersebut adalah sebagai berikut:
Website Direktori/
Folder File HTML Alamat Akses
www.unsri.ac.id /myweb index.html www.unsri.ac.id/myweb/index.html
www.unsri.ac.id /myweb profil.html www.unsri.ac.id/myweb/profil.html
www.unsri.ac.id /myweb bukutamu.html www.unsri.ac.id/myweb/bukutamu.html

Nama subdirektori/subfolder ditentukan secara bebas oleh kita sendiri. Seperti pada contoh di atas, kita membuat sebuah subdirektori dan kita beri nama /myweb. Bagaimana membuat subdirektori dalam sebuah direktori utama? caranya sebenarnya tidaklah berbeda ketika kita ingin membuat subdirektori dalam sebuah direktori dengan menggunakan Windows Explorer. Klik File pada menu utama, kemudian pilih New, kemudian pilih Folder, kemudian ketik nama folder/direktori, dan tekan enter.

Ketika Anda "berhasil" melakukan langkah-langkah di atas, kemudian Anda tentunya ingin mencoba mengakses situs Anda melalui browser. Jika komputer Anda sudah terkoneksi ke internet, Anda dapat menggunakan software yang disebut dengan internet browser, katakanlah seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan sebagainya. Kemudian Anda ketik pada bagian alamat/address alamat akses ke website di atas seperti berikut ini:

http://www.unsri.ac.id/myweb/index.html

atau:
http://www.unsri.ac.id/myweb/profil.html

atau:
http://www.unsri.ac.id/myweb/bukutamu.html


Di sini Anda lihat bahwa http:// akan muncul otomatis pada browser walaupun Anda tidak mengetiknya. HTTP (HyperText Transfer Protocol) merupakan cara standar seluruh browser dalam mengakses sebuah website.

Setelah Anda memahami konsep di atas, maka langkah selanjutnya adalah mempelajari tentang HTML untuk membuat website seperti pada bahasan di atas yang akan kita bahas pada kesempatan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar